Penyebarluasan Informasi Mekanisme Tenaga Kerja Luar Negeri ke Masyarakat

  • 29 Juli 2016
  • Dibaca: 185 Pengunjung
Penyebarluasan Informasi Mekanisme Tenaga Kerja Luar Negeri ke Masyarakat

Menyikapi tingginya animo masyarakat untuk bekerja ke luar negeri di Kabupaten Klungkung, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Klungkung melaksanakan sosialisasi dengan tema Penyebarluasan Informasi Mekanisme Tenaga Kerja Luar Negeri ke masyarakat, Jumat (29/7). Dalam acara ini jumlah pesertanya mencapai 200 orang lebih yang terdiri dari kalangan pencari kerja serta para kalangan lurah/ perbekel.

Sosialisasi yang berlangsung sehari ini dihadiri Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Luar Negeri (PPTKL) Nyoman Mantra, Direktur Bahamas Maritime School Made Wijaya, bertempat di Ruang Pertemuan Lembaga Pelatihan Kerja Bahamas Maritime Semarapura, Klungkung.

Direktur Bahamas Maritime School, Made Wijaya mengatakan Bahamas Maritime School adalah salah satu lembaga pendidikan atau sekolah yang ada di Kabupaten Klungkung. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk penyebarluasan dan sosialisasi informasi mekanisme tenaga kerja luar negeri kepada masyarakat Indonesia (TKI). Dengan harapan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan masyarakat tentang  pemahaman peraturan penempatan dan perlindungan TKI luar negeri, apabila ingin bekerja ke luar negeri sesuai prosedur dan aman dalam bekerja.

Kepala Disosnakertrans Klungkung dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Disosnakertrans Klungkung, Putu Suarta, menyampaikan para peserta kegiatan berasal dari masyarakat Kabupaten Klungkung yaitu para kepala desa, tokoh masyarakat, keluarga TKI dan para pencari kerja. “Kegiatan ini merupakan salah satu program aksi Gema Santi yaitu pemberantasan kemiskinan (Taksin) yang muaranya untuk mewujudkan masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Klungkung dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, mengatakan pekerjaan mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan sehingga setiap orang membutuhkan pekerjaan. Maka tidak heran animo tenaga kerja yang akan bekerja ke luar negeri dan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sangat besar. Dengan UU No. 39 Tahun 2004 tentang Penetapan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri juga telah memberikan kesempatan bagi setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja ke luar negeri.

”Masyarakat harus dengan sebaik-baiknya mengikuti sosialisasi ini dan memahami dengan baik agar bisa meneruskan visi dan misi Bupati Klungkung mewujudkan masyarakat yang unggul dan sejahtera,” tutup Sekda Gede Putu Winastra.

  • 29 Juli 2016
  • Dibaca: 185 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita